Kamis, 23 Mei 2013

Air Terjun Batara Lenjang

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 meter di Lombok tidak hanya populer karena tingginya dan kehadiran megah atas pulau tetapi juga untuk menjadi rumah tiga air terjun yang megah: Air Terjun Sindang Gila, Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Betara Lenjang. Ketiga semua terletak di desa Senaru di sepanjang lereng gunung. Air Terjun ini berada di hulu atas dari dua air terjun di bawahnya, yaitu Air Terjun Sendang Gila dan Air Terjun Tiu Kelep.  Air terjun ini juga berada di kawasan Taman nasional Gunung Rinjani.
Memang Air Terjun Batara Lenjang tidak seindah dan setinggi kedua saudaranya, Sendang Gila dan Tiu Kelep.  Namun, air terjun itu lebih besar dengan posisi masih sangat alami dam belum banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Yang menarik dari Batara Lenjang, ada air panas yang jernih.  Sayang, potensi wisata tersebut belum digarap secara optimal.



Lokasi terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Betara Lenjang adalah yang paling menantang. Sebuah mendaki air terjun ketiga Senaru adalah bukan untuk semua orang dan hanya untuk gunung trekker lebih berpengalaman atau pemanjat tebing menggunakan peralatan yang handal dan trekking bersama pemandu yang berpengalaman. Dari pusat desa, salah satu harus berjalan selama dua jam melalui hutan hujan yang rimbun. Jalan ini saja sudah berat karena tersesat di semak-semak tebal tidak sulit untuk membayangkan. Yang sangat petualang perjalanan ke Betara Lenjang dimulai di Rinjani perjalanan tapi mengambil kiri bawah ke bagian bawah lembah setelah melewati Gaharu Forest. Jejak tidak terawat dengan baik dan sehingga bisa sangat menantang.

Perjalanan untuk mencapai air terjun tersebut harus melewati jalur pendakian ke Gunung Rinjani. Rutenya sangat menantang. Perjalanan dari pos pemeriksaan pertama sampai pintu rimba bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Selanjutnya dari pintu rimba itu, ada jalan setapak menuju Batara Lenjang. Rutenya melewati hutan yang rimbun karena lokasi masih alami. Disarankan jika ingin menuju kesana untuk menyewa penunjuk jalan (guide) yang disediakan di pintu masuk atau membawa teman yang sudah pernah kesana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar