Sabtu, 25 Mei 2013

Pantai Mawi


Pantai Mawi ini bukan hanya indah tetapi pantai Mawi ini mempunyai ombak yang cukup besar cocok untuk mengasah kemampuan para surfer. Pantai Mawi terletak di desa Mekar Sari, kawasan selatan dari Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Ombak di pantai Mawi pasti akan membuat Anda tak sabar untuk mencoba menaklukannya. Bahkan di kalangan turis mancanegara, ombak pantai Mawi sangat populer. Adalah pemandangan yang lazim melihat bule-bule itu hilir mudik membawa papan selancar dan kemudian larut dalam keceriaan bermain dengan gelombang air. Gulungan ombak di pantai Mawi memang merupakan daya tarik utama objek wisata ini. Bagaimana tidak, konon  surfer – surfer mancanegara justru lebih mengenal pantai Mawi ketimbang wisatawam domestik.
Pantai Mawi menawarkan ombak berkelas regional classisc dengan frekuensi reguler. Ombaknya berjenis reef-coral dengan arah kanan dan kiri. Waktu terbaik untuk berselancar di pantai Mawi adalah pada bulan Mei hingga Oktober. Saat itu angin lepas pantai datang dari arah timur dan ombak besar cukup sering ditemui. Tips untuk para peselancar di sini adalah agar selalu mewaspadai 3 hal yakni arus bawah, batas bahaya dan kehadiran ikan hiu. Air pasang surut di pantai Mawi cukup kuas, terutama di sebelah kanan di dekat garis batas pantai. Jika terseret arus, sebaiknya jangan panik dan jangan mencoba berenang. Tunggulah hingga airnya tak terlalu kuat kemudian kembalilah pada bagian yang aman.
Sementara itu, soal keindahan pantai Mawi tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Lombok. Pasirnya putih bersih dan seukuran merica. Pantainya dikelilingi bukit hijau. Anda bisa naik ke bukit tersebut dan mengabadikan keindahan pantai dari ketinggian ini. Beberapa sudutnya terdapat bebatuan yang sesekali diterpa ombak. Bila tak ingin surfing, Anda bisa bersantai di bibir pantai sambil menikmati keindahan alam yang terhampar di depan mata. Bagi penghobi fotografi, pantai Mawi juga cocok untuk lokasi photo hunting. Bukit yang ada di pantai ini bisa menolong Anda jika menginginkan pemandangan keseluruhan pantai.
Untuk merasakan ombak dan butiran pasir merica di pantai Mawi, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 5000. Biaya itu termasuk untuk parkir kendaraan yang kita bawa. Murah bukan? Jika lapar atau haus, Anda bisa sekalian membeli kudapan dari penjual yang menyediakan aneka kue, air minum hingga buah-buahan.
Memulai perjalanan ke pantai Mawi dari Mataram Anda membutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam. Sedangkan jika dari pantai Selong Belanak jaraknya sekitar 5 km. Jalannya tidak terlalu bagus dan masih berupa tanah alias belum diaspal. Anda sebaiknya menyewa motor atau mobil untuk mencapai pantai indah ini karena sangat sulit menemukan rute angkutan umum yang sampai ke pantai Mawi.
Oleh karena masih sulit mencari penginapan di sekitar pantai Mawi, sebaiknya Anda menginap di Mataram seperti Lombok Raya HotelLombok Garden Hotel atau Grand Legi Hotel. Selama di Lombok Anda bisa mencoba surfing di beberapa tempat lain selain pantai Mawi seperti pantai Bangko Bangko Selong Belanak dan pantai Gerupuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar