Sabtu, 25 Mei 2013

Air Terjun Tiu Pupas

Air Terjun Tiu Pupas memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan kedalaman kolam 4 m dan luas 100 meter persegi.  Nama Tiu Pupas berarti Tiu yang artinya genangan air dalam jumlah besar dan Pupus yang artinya sebuah akar yang tumbuh dari sebuah batang pohon yang biasanya hidup di tebing - tebing sungai dan juga hidup di daerah - daerah pegunungan yang memiliki suhu dingin.

Lokasi air terjun Tiu Pupas terletak di Dusun Kerurak, Desa Genggaleng, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Perjalanan menuju lokasi air terjun Tiu Pupas berjarak sekitar 3,5 km dari jalan raya Ledang Bagian atau 5 km (sekitar 20 menit) dari Gondang.  Atau jika dari kota Mataram berjarak sekitar 70 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan baik roda dua atau empat.  Kondisi jalan menuju lokasi air terjun ini dari Gondang sudah cukup bagus dan mudah ditemukan karena ada petunjuk arahnya. Untuk menuju ke sana sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena belum tersedia angkutan umum.  Rute perjalanan yang dapat ditempuh ke air terjun ini adalah Mataram-Pemenang-Tanjung-Gondang-Ledang Bagian-Kerurak.

Sesampainya di lokasi parkir yang terletak dekat Bendungan, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit  menyusuri jalan setapak melewati bendungan, perkampungan dan hutan lindung hingga tiba di lokasi air terjun berada.


Karena masih alami dan belum di berdayakan sebagai objek wisata, baik fasilitas dan akomodasi belum tersedia. Hanya tersedia kamar ganti dan berugak di dekat air terjun.

Di tempat wisata ini bukan hanya tersedia air terjun saja melainkan ada bendungan buatan yang lokasinya berada sekitar 400m sebelum lokasi Air Terjun Tiu Pupus.  Bendungan ini dibangun kira-kira pada tahun 2005 oleh pemerintah kabupaten Lombok Barat pada waktu itu, yang salah satu tujuan utama dibangunnya bendungan ini tidak lain untuk mengairi ratusan hektar sawah masyarakat Desa Genggelang yang meliputi Dusun Sankukun dan Sembaro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar