Sabtu, 25 Mei 2013

Air Terjun Otak Kokok Gading

Air Terjun Otak Kokok Gading  atau Joben memiliki ketinggian terjunan air sekitar 5 meter yang keluar dari akar pohon Banjur yang berumur ratusan tahun.

Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat air terjun ini berkhasiat menyembuhkan penyakit.  Jika buih air yang menyentuh badan kita berubah berwarna putih, mengindikasikan badan kita terkena penyakit.


Lokasi wisata air terjun Otak Kokok Gading terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat

Perjalanan menuju lokasi wisata air terjun ini berjarak sekitar 50 km ke arah timur Kota Mataram dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) 

Untuk mencapai lokasi air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat dengan waktu tempuh sekitar setengah jam perjalanan dari kota Mataram.  Tempat ini masih sangat alami sebagaimana bentuk awalnya.


Tiket masuk ke lokasi ini aadlah Rp 5000 per orang untuk dewasa dan Rp 3000 per orang untuk anak-anak.  Biaya parkir Rp 1000 untuk kendaraan roda dua.

Fasilitas yang ditemui di wisata ini selain air terjun adalah adanya kolam renang baik untuk dewasa atau anak-anak, tempat peristirahatan dan hutan lindung.

Belum terdapat fasilitas yang mendukung dan masih minimnya campur tangan pemerintah setempat dalam pengelolaan tempat ini.  Di samping itu, promosi yang dilakukan pun sangat jarang dilakukan, itulah salah satu penyebab kurang dikenalnya objek wisat
a yang satu ini. Walaupun terkadang ada juga beberapa wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik yang mengunjunginya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar