Minggu, 26 Mei 2013

Pantai Buak


Inilah pantai yang menjadi surga peselancar di Lombok, tak banyak yang tahu memang. Kebanyakan orang menyebut Pantai Gerupuk , mungkin karena Pantai Buak ini masih segaris dan sejalur dengan Pantai Gerupuk.  tapi sebenarnya Pantai Buak inilah yang mempunyai ombak dahsyat dan Pantai Gerupuk hanyalah penyedia jasa penyeberangan kesana.
Untuk menempuh Pantai Buak harus memilih 3 rute: 
Rute pertama anda bisa berjalan menyusuri Pantai Gerupuk ke arah selatan selama kurang lebih 30 menit. 
Rute kedua anda bisa mengendarai sepeda motor dengan cara soft trekking membelah perbukitan di sekitar Gerupuk, jarak tempuhnya kurang lebih 20 menit, motor anda pun bisa dititip di perkampungan Pantai Buak. 
> Rute ketiga anda bisa menyeberang menggunakan perahu yang telah disediakan di dermaga Pantai Gerupuk, biasanya rute ketiga inilah yang dipakai oleh wisatawan mancanegara. Jarak tempuh Pantai Buaq dari dermaga Gerupuk hanya 15 menit.

Gelombang Pantai Buak menjadi andalan peselancar lokal dan mancanegara. Ombaknya agak mirip dengan ombak Pantai Seger, pecah di tengah dan sangat menantang, hanya saja di Pantai Buak ini lebih tinggi dan hempasannya lebih dahsyat.

Tidak hanya ombak spesial yang disuguhkan oleh Pantai Buak, pantai ini juga surganya paraLandscaper. Anda bisa memilih 2 spot disini, spot pertama namanya Pantai Buak “Dalam” yang memiliki gugusan bukit yang eksotis, pantai yang landai, ombaknya yang tenang dan berpasir putih merica. Sepintas apabila kita perhatikan air lautnya berupa gelaran karpet berwarna biru. 

Spot yang kedua adalah Pantai Buak “Luar”, nah disini yang menyuguhkan ombak dahsyat. Yang menarik perhatian, di Pantai Buak “Luar” ini ditengah-tengahnya ada Gili yang mirip seperti Piramida, Gili tersebut adalah Gili Golong yang berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai. Gili yang tidak berpenghuni ini sering dijadikan objek oleh para Landscaper karena bentuknya yang unik.

Yang menjadi kekurangan di Pantai Buak adalah belum adanya penginapan, tapi untuk soal itu anda bisa menginap di Pantai Gerupuk yang sudah banyak menyediakan homestay, hotel dan sebagainya. Ataupun jika anda menginginkan fasilitas yang lebih lengkap, anda bisa menginap di kawasan Mandalika yang tidak jauh dari Pantai Gerupuk maupun Pantai Buak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar