Sabtu, 25 Mei 2013

Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk Manis atau sering disebut dengan Air Terjun Jukut atau juga dikenal oleh penduduk lokal sebagai Aik Temer mempunyai ketinggian + 40 m dengan curah debit air yang sangat besar dan jernih.  Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani sebelah selatan di dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani.

Menurut cerita turun temurun, air terjun ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit terutama untuk menyuburkan rambut.  Untuk keperluan pengobatan penyakit ini biasanya dilakukan dengan ritual tradisional yang dipimpin oleh seorang Pemangku.

Tak jauh dari Air terjun ini juga terdapat Air Terjun Joben atau Otak Koko Gading yang terletak di Kawasan Wisata Tetebatu.


Air terjun Jeruk Manis  Terletak bersebelahan dengan Desa Tete Batu, tepatnya di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Perjalanan menuju lokasi wisata air terjun Jeruk Manis berjarak sekitar 50 km dari kota mataram dengan waktu tempuh berkendara sekitar 2 jam dengan kendaraan roda dua atau empat. Jika dari Kawasan Wisata Tetebatu sekitar 6 km jauhnya.  Rute untuk menuju kesana adalah Mataram - Cakranegara - Narmada - Sedau - Mantang - Kopang - Terara - Sikur - Masbagik - Desa Kembang Kuning. 

Jika menggunakan angkutan umum dari kota Mataram naik angkot berwarna kuning jurusan Mataram - Bertais dengan ongkos Rp 3000/orang.  Dari Bertais berganti angkot jurusan Bertais - Masbagik dengan ongkos Rp 10000/orang.  Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan menggunkan ojek menuju Desa Kembang Kuining.
Sesampainya di Pintu Gerbang Posko Taman Nasional Gunung Rinjani yang sekaligus menjadi pintu masuk ke lokasi air terjun berada, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sekitar 1,5 km menuju lokasi air terjun berada dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.  Kondisi jalan setapak ini sudah cukup baik yang terbuat dari batu-batu pipih yang disusun rapi.dan sekitar 180 anak tangga yang tidak terlalu curam.


Tiket masuk sebesar Rp 2500,- / orang.

Fasilitas dan akomodasi di sekitar lokasi menuju air terjun ( di desa Tete Batu) banyak terdapat sarana akomodasi bagi pengunjung baik lokal maupun mancan negara diantaranya seperti Home Stay Cottages, Restoran dan lain lain.  Selain itu sepanjang jalan setapak menuju air terjun ini akan ditemui tiga buah gazebo (berugak) yang dapat digunakan untuk beristirahat sementara apabila merasa lelah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar