Kamis, 23 Mei 2013

Air Terjun Kerta Gangga


Air Terjun Kerta Gangga memiliki 3 air terjun yang mengagumkan dan memiliki dua tingkatan, satu di bawah dan dua di atas.  Untuk tingkatan yang di atas letaknya berdampingan, akan tetapi yang satu letaknya agak tersembunyi dan lumayan jauh dari 2 air terjun, dimana untuk mencapainya harus melewati jembatan bambu kecil dan jalan setapak.  Masing- masing ketinggian Air Terjun Kerta Gangga mencapai 35 hingga 60 meter, dengan nuansa yang alami dan elok. 







  <== Part 1





                          Part 2 ==>

                                                                                  Part 3

Air terjun Kerta Gangga terletak di Dusun Kertaraharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.
Perjalanannya berjarak sekitar 42 km arah utara dari kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam saja, atau kurang lebih 7 km dari pusat pemerintahan Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Disini juga pemerintah setempat sudah membuat rambu lokasi air terjun Kerta Gangga. Rute perjalanan sebagai berikut Mataram- Pemenang-Tanjung-Gondang-Lendang Bagian-Penjor-Kertaraharja.

Untuk mencapai lokasi objek wisata tersebut, dapat mempergunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan kondisi jalan relatif baik, hanya pada 2 km terakhir menjelang tiba di lokasi jalannya kurang bagus.

Selanjutnya dari areal parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati jalan yang menanjak sejauh kira-kira 500 m (sekitar 10 menit waktu tempuhnya) hingga tiba di lokasi air terjun berada.



Di sini kita bukan hanya disuguhin dengan pemandangan air terjun saja, akan tetapi kita juga disuguhin dengan pemandangan sawah dan lautan yang gak kalah indahnya dengan air terjun Kerta Gangga. Udara yang sejuk membuat kita betah berlama-lama di lokasi ini.

Fasilitas disini cukup memadai karena disekitar kawasan air terjun terdapat rumah warga yang sekaligus menyediakan tempat berbelanja makanan dan minuman serta parkir, memiliki beberapa berugak serta kamar ganti, warga setempat juga menyediakan tempat penginapan yang terbilang cukup murah, hanya Rp 100000,- saja, jika ingin makan ditanggung Anda hanya menambah Rp 50000,- cukup murahkan. Tiket masuk sebesar Rp 5000,- per orang lokal dan Rp 10000,- non lokal dan biaya parkir Rp 2000,- untuk kendaraan roda dua, roda empat saya gak tau, mungkin sekitar Rp 5000,- saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar